Produk Kumpulan

Ekasejahtera


Ekasejahtera merupakan program asuransi jiwa kumpulan yang dikombinasikan dengan tabungan (endowment). Program ini merupakan salah satu program kesejahteraan karyawan (employee benefit program) yang didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyiapkan pembayaran imbalan kerja bagi karyawannya sesuai amanat UU Ketenagakerjaan.

Keuntungan Perusahaan/Pemberi Kerja

Pencadangan pembayaran uang pesangon menjadi terencana, terukur, dan efisien. Selama dalam pencadangan, kontrol dana 100% berada pada perusahaan/pemberi kerja. Pendanaan dengan sarana lengkap untuk memenuhi UU Ketenagakerjaan karena cashflow perusahaan menjadi lebih stabil terhindar dari kemungkinan risiko pembayaran uang pesangon yang “tiba-tiba” seperti kasus karyawan meninggal atau cacat total tetap. Dana yang diinvestasikan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal, sehingga pengembangan dana menjadi lebih cepat mencapai besaran hak PHK yang diharapkan.

Keuntungan Karyawan

Kepastian tersedianya Hak PHK karyawan menjadikan karyawan merasa lebih aman dan lebih dihargai sehingga secara tidak langsung dapat membuat karyawan menjadi lebih loyal kepada perusahaan. Pembayaran hak PHK termasuk pensiun dapat dibayarkan secara sekaligus dalam bentuk tunai.

Keuntungan Lainnya

Pengelolaan dana pensiun yang dialihkan ke perusahaan asuransi jiwa hanya diatur untuk produk annuitas, di luar itu tidak diatur, tetapi pada prinsipnya pada saat dikelola oleh perusahaan asuransi maka disebut sebagai premi asuransi, sehingga tidak lagi bisa dikurangkan dari penghasilan karyawan sebagi iuran pensiun. Dari sisi pemberi kerja di UU perpajakan yang terbaru yaitu No. 36 tahun 2008 pasal 9 ayat 1 d menyebutkan bahwa penghasilan kena pajak tidak dapat dikurangkan dari premi asuransi jiwa kecuali jika premi tersebut dihitung sebagai penghasilan bagi wajib pajak yang bersangkutan.

Pembayaran Manfaat

Pembayaran manfaat atau pengambilan dana sebagian untuk pembayaran hak PHK karyawan dapat dilakukan pada saat:

  1. Karyawan memasuki usia pensiun
  2. Karyawan meninggal dunia
  3. Karyawan cacat tetap total
  4. Karyawan PHK atau mengundurkan diri.