Kerjasama Bancassurance Sinarmas MSIG Life dan bank bjb
Lahirkan Produk SMiLe Optima Link

Tawarkan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun serta pengembangan nilai investasi

Bali, 21 April 2017 PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Life Tbk.(Sinarmas MSIG Life), perusahaan asuransi jiwa terkemuka Indonesia bersama bank bjb, bank pembangunan daerah terdepan, secara resmi memperkuat kerjasama yang telah terjalin dengan mempersembahkan produk baru bancassurance, yakni SMiLe Optima Link. Hadirnya produk Sinarmas MSIG Life terbaru ini menegaskan komitmen perusahaan sebagai asuransi jiwa yang utama bagi masyarakat Indonesia. Peresmian peluncuran produk SMiLe Optima Link ditandai dengan acara penekanan sirine oleh Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, Premraj Thuraisingam dan Direktur Konsumer bank bjb, Fermiyanti.

Sinarmas MSIG Life memantapkan diri hadir untuk menjadikan masyarakat dan para mitra bisnis, utamanya di daerah Jawa Barat, sebagai prioritas melalui inovasi produk dan layanan yang maksimal. Oleh karenanya, kami sangat antusias dapat memperkuat kerjasama dengan bank bjb dengan mempersembahkan SMiLe Optima Link. Didukung 65 kantor cabang, 311 kantor cabang pembantu dan 337 kantor kas bank bjb yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia, kami harap produk proteksi pertanggungan jiwa dan investasi SMiLe Optima Link menjadi semakin dekat ke masyarakat, papar Premraj Thuraisingam, Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life. Seiring dengan beranjaknya tingkat melek asuransi masyarakat dan optimisme pasar yang terus berkembang, Sinarmas MSIG Life memandang kerjasama bancassurance dengan mitra perbankan semakin penting. Jalur distribusi bancassurance ditargetkan akan memberikan kontribusi sekitar 45% terhadap perolehan premi perusahaan selama 2017.

SMiLe Optima Link menawarkan pilihan premi yang terjangkau dan proteksi jiwa hingga usia 99 tahun dengan nilai pertanggungan hingga ratusan juta rupiah. Selain itu, SMiLe Optima Link juga menawarkan sejumlah fleksibilitas sehingga nasabah dapat menentukan sendiri jenis investasinya untuk memperoleh hasil investasi yang lebih maksimal. Fleksibilitas tersebut mencakup penambahan dana investasi (top up) setiap saat untuk premi berkala, penarikan (withdrawal) dan pengalihan dana investasi (switching). Nasabah juga dapat melengkapi SMiLe Optima Link dengan 18 pilihan manfaat tambahan (riders) seperti proteksi atas penyakit kritis, biaya kesehatan atau biaya rawat inap maupun beasiswa pendidikan.

Menanggapi kerjasama dengan Sinarmas MSIG Life, Direktur Konsumer bank bjb, Fermiyanti mengatakan, Kami percaya kehadiran SMiLe Optima Link dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan dapat meningkatkan loyalitas nasabah karena memberikan alternatif perencanaan keuangan yang tidak saja memberikan proteksi pertanggungan jiwa, tetapi juga pengembangan investasi untuk kenyamanan finansial nasabah di masa depan.

Kehadiran produk SMiLe Optima Link akan semakin melengkapi produk-produk wealth management yang disediakan oleh bank bjb kepada nasabah-nasabahnya. Dalam perkembangannya Sinarmas MSIG Life dan bank bjb akan menambah jenis produk Bancassurance lainnya yang lebih variatif sehingga akan semakin mendukung peran bank bjb sebagai One Stop Financial Service yang tidak hanya menyediakan produk-produk perbankan namun juga beragam pilihan produk keuangan yang dapat membantu pengelolaan dan perencanaan keuangan nasabah. Dilihat dari sisi bisnis, melalui kerjasama pemasaran Bancassurance ini dapat menunjang peningkatan pendapatan bank bjb khususnya dari sisiperolehan Fee Based Income.


TENTANG BANK BJB

PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. yang dikenal dengan nama bank bjb, adalah bank pembangunan daerah yang sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Banten, pemerintah kota/kabupatense-Jawa Barat dan Banten, dan publik. Pada tahun 2000, bank bjb menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama yang menjalankan dua sistem perbankan, yaitu konvensional dan syariah. Pada tahun 2010 bank bjb mengalami peningkatan rating dari Pefindomen jadi peringkatid AA-, melakukan Spin Off Unit Usaha Syariah, melaksanakan Initial Public Offering (IPO) dan menjadi BPD Pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). bank bjb senantiasa menjaga dan memberikan kualitas terbaik dalam melayani nasabah dan mitra kerjanya, hal ini tercermin dengan berbagai inovasi-inovasi terus dilakukan terhadap produk dan layanannya. Saat ini bank bjb merupakan bank yang berada pada urutan ke-14 dari 118 bank yang ada di Indonesia.

Saat ini bank bjb dinakhodai oleh Bapak Ahmad Irfan (Direktur Utama) bersama para Direksi lainnya yaitu Direktur Keuangan Ibu Nia Kania, Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko Bapak Agus Mulyana, Direktur Komersial Ibu Suartini, Direktur Operasional Bapak Benny Santoso, Direktur Konsumer Ibu Fermiyanti, dan Direktur Mikro Bapak Agus Gunawan.

bank bjb menutup tahun 2016 dengan hasil yang positif setelah berhasil membukukan laba bersih yang tumbuh 14,4% year-onyear (y-o-y). Faktor utama yang menjadi penyumbang laba bersih bank bjb berasal dari pendapatan bunga bersih yang tumbuh sebesar 23,4% y-o-y. Pada akhir tahun 2016, bank bjb juga berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,69% dari 2,91% pada tahun 2015. bank bjb terus memperkuat posisi sebagai lembaga intermediasi yang ditunjukkan dengan keberhasilan bank bjb mencatatkan pertumbuhan kredit mencapai 14,2% (y-o-y). Dari sisi segmentasi, bank bjb terus meningkatkan penyaluran kredit seluruh segmen bisnis dengan pertumbuhan tertinggi pada segmen konsumer yang mencapai 15,7% menjadi Rp 44,2 triliun pada Desember 2016.

Biaya dana terjaga di level 4.9% sehingga Net Interest Margin (NIM) dapat mencapai 7.4%. Dari sisi permodalan saat ini rasio kecukupan modal (CAR) menjadi sebesar 18,4% dan memberikan ruang yang cukup untuk melakukan ekspansi bisnis di masa yang akan datang. Pada akhir tahun 2016 bank bjb melakukan corporate action dengan menerbitkan Medium Term Notes (MTN) sebesar Rp 1,1 triliun, dimana dana yang diperoleh dari penerbitan MTN tersebut akan digunakan untuk mendukung ekspansi kredit di tahun 2017.

Upaya-upaya yang dilakukan bank bjb merupakan bentuk konsistensi atas pelaksanaan Good Corporate Governance sehingga pada tahun 2016 bank bjb menerima penghargaan sebagai Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari The Indonesian Institute for Corporate Governance. Di akhir tahun 2016, bank bjb juga memperoleh penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai Bank Terbaik kategori BUKU III pada ajang Sustainable Finance Award 2016 sebagai bentuk pengakuan atas komitmen bank bjb untuk terus tumbuh secara berkelanjutan.