PUBLIC EXPOSE 2020 SINARMAS MSIG LIFE : EXPAND TO GROW Terus Tumbuh Melalui Transformasi Berkelanjutan


Jakarta, 30 September 2020 - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) hari ini menyelenggarakan Public Expose 2020 secara virtual untuk memberikan paparan terkait strategi bisnis untuk lima tahun mendatang, yaitu 2021-2025, sekaligus menginformasikan hasil kinerja bisnis, operasional dan keuangan tahun 2019.

Selama tahun 2019, Sinarmas MSIG Life telah mencapai target keuangan dan target non-keuangan tahunan, di mana total aset dan ekuitas meningkat masing-masing sebesar 4,4% dan 7,76% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan mencatat Return on Equity (RoE) sebesar 3,69%, lebih tinggi dari target RoE untuk tahun 2019. Ini bersamaan dengan likuiditas yang terjaga dan tingkat solvabilitas yang berhasil ditingkatkan dalam 3 tahun terakhir pada level di atas 1.000%, yaitu 1.155%.

Memasuki tahun 2020, ditengah kondisi ekonomi yang menurun,kinerja Sinarmas MSIG Life tetap stabil. Pencapaian APE (Annual Premium Equivalent)pada semester 1 mencatat pertumbuhan positif sebesar 1%, lebih baik jika dibandingkan dengan rata-rata kinerja industri yang mengalami penurunan sebesar -6,9%. Hal ini menunjukkan bahwa Sinarmas MSIG Life memiliki kekuatan modal dan bisnis dalam melalui masa pandemi.

Sinarmas MSIG Life percaya bahwa potensi industri asuransi di Indonesia masih besar di tengah pandemi, "Tingginya risiko kesehatan yang ada saat ini, menjadikan masyarakat semakin sadar akan pentingnya proteksi kesehatan dan jiwa. Dan kami terus berupaya memberikan proteksi yang terbaik untuk Nasabah dimasa pandemi ini dengan tetap memberikan perlindungan sesuai dengan produk yang dimiliki oleh para Nasabah baik manfaat proteksi kematian maupun manfaat rawat inap di Rumah Sakit akibat Covid-19" jelas Wianto Chen, Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life.

Sinarmas MSIG Life melaksanakan strategi jangka menengah, Expand To Grow yang bertumpu pada 3 (tiga) pilar pengembangan bisnis, yaitu: 1) Transformasi Bisnis dengan melakukan ekspansi pada kanal distribusi yang lebih berfokus pada bisnis ritel, mendorong terciptanya budaya kerja yang berorientasi pada Nasabah, dan menjadikan Sinarmas MSIG Life sebagai perusahaan terkemuka di industri asuransi jiwa nasional, 2) Layanan dan Sistem Pendukung yang Prima melalui pemberdayaan SDM dan upaya restrukturisasi organisasi, serta penyederhanaan proses melalui digitalisasi dan otomatisasi serta mengembangkan product mix yang sehat, 3) Kekuatan Keuangan dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) melaluioptimalisasi modal melalui pengelolaan biaya dan investasi serta penerapan Tata Kelola Perusahaan yang diprioritaskan pada Risk Management.

Herman Sulistyo, Direktur Sinarmas MSIG Life menguraikan dalam paparannya, "Kami menyadari bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi di tahun 2020 ini. Di tahun ini, Sinarmas MSIG Life akan lebih fokus pada pengembangan teknologi untuk mendukung kegiatan pemasaran dan operasional para tenaga pemasar di seluruh Indonesia sertauntuk mengembangkan bisnis dan melakukan transformasi menuju digitalisasi. Salah satunya adalah dengan diluncurkannya aplikasi Nasabah M-POLIS, untuk kemudahan akses polis dan bertransaksi. Kami juga memperkenalkan aplikasi Autosalesuntuk membantu proses penjualan tenaga pemasar kami untuk membuat proposal dan pengajuan Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) kapanpun dimanapun, tanpa khawatir kendala akses."

"Diversifikasi jalur distribusi dan produk yang dimulai sejak tahun 2017 telah mencapai pencapaian yang diharapkan ditengah kondisi pasar yang fluktuatif dan kondisi ekonomi yang tidak stabil. Dan strategi Expand to Grow merupakan langkah lanjutan untuk menuju ekspansi bisnis ritel, digitalisasi, peningkatan kualitas layanan yang berorientasi kepada Nasabah dan tata kelola perusahaan yangbaik," tutup Wianto.

Tentang Sinarmas MSIG Life

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) adalah anak perusahaan Mitsui Sumitomo Insurance Group yang beroperasi di 42 negara. Sinarmas MSIG Life menjadi perusahaan terbuka pada 28 Juni 2019. Sejak saat itu, Perusahaan telah berhasil mencatat kinerja bisnis positif pada Semester I/2020 dengan nilai aset sebesar Rp14,88 triliun dan pendapatan premi neto senilai Rp628 miliar. Dari sisi permodalan, Perusahaan mempertahankan posisi Risk Based Capital (RBC) yang kuat sebesar 1.167% - jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan sebesar 120%. Saat ini Sinarmas MSIG Life didukung oleh 13.100 tenaga pemasar yang tersebar di 63 kantor pelayanan dan pemasaran. Sinarmas MSIG Life telah dipercaya oleh lebih dari 1,3 juta Nasabah individu maupun korporasi.