Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas Gulirkan Turnaround Project untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis


Jakarta, 8 Juli 2020 - Memandang pentingnya strategi dan sinergi untuk semakin mengakselerasi kinerja kerja sama bancassurance yang telah terjalin, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) dan PT. Bank Sinarmas Tbk. (Bank Sinarmas) meresmikan dimulainya Turnaround Project sebagai proyek transformasi kerja sama bancassurance antara kedua perusahaan pada acara "2nd Half Kick Off and Turnaround Project" tanggal 1 Juli 2020. Hadir pada acara tersebut jajaran Direksi Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas.

Direktur Sinarmas MSIG Life Gideon menjelaskan, "Pengimplementasian Turnaround Project yang kami inisiasikan serta didukung sinergi solid yang terbina antara Sinarmas MSIG Life dengan Bank Sinarmas, kami optimis dapat terus melaju hingga akhir tahun 2020 ini meskipun harus menghadapi masa pandemi COVID-19 dan menjalankan skenario new normal yang sarat keterbatasan."

Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo menambahkan,"Turnaround Project menekankan pada peningkatan penerapan tiga pilar, yaitu Pipeline Management, Performance Management serta People Development. Implementasi ketiga pilar tersebut disokong oleh tiga aspek pendukung (enabler), yaitu Product Development, Data Analysis serta Operation."

Perolehan APE year on year (yoy) dari kerja sama bancassurance Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas berhasil tumbuh 12% sepanjang Semester I/2020. Kedua perusahaan tidak saja mampu mempertahankan kinerja bisnisnya di sepanjang Semester I/2020, bahkan berhasil mendobrak beberapa rekor pencapaian, antara lain pertumbuhan Annual Premium Equivalent (APE) year-over-year (yoy) per Juni 2020 mencapai 149%, sementara pertumbuhan APE dibandingkan bulan Mei 2020 mencapai 112%.

Kerja sama bancassurance Sinarmas MSIG Life dan Bank Sinarmas juga mencatat nilai kontribusi sebesar 79% dari total perolehan APE jalur distribusi bancassurance Sinarmas MSIG Life pada Semester I/2020.

TENTANG SINARMAS MSIG LIFE

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (juga dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life - SMiLe), mulai meramaikan kancah industri asuransi jiwa nasional sebagai PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional Indonesia (PII) pada 14 April 1985. Setelah dua kali menjalani proses transformasi, Sinarmas MSIG Life hadir sebagai perusahaan joint venture antara PT Sinar Mas Multiartha Tbk dan grup asuransi raksasa Jepang, Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. pada tahun 2011.

Babak baru kiprah perusahaan dicatat pada 28 Juni 2019 saat Sinarmas MSIG Life resmi menjadi perusahaan terbuka dengan nama PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. Tanggal 9 Juli 2019, saham Sinarmas MSIG Life (kode saham: LIFE) mulai melantai di Bursa Efek Indonesia. Bersamaan dengan itu, Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. (MSI) resmi menjadi pemegang saham pengendali dengan komposisi kepemilikan saham Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. (80%), PT Sinar Mas Multiartha Tbk (12,5%) dan publik (7,5%).

Di tahun 2019, target keuangan dan non-keuangan yang merupakan pencapaian Perusahaan dalam merealisasikan target tahunan berhasil diraih. Dari sisi keuangan, Sinarmas MSIG Life mencatat laba sebelum penghasilan komprehensif sebesar Rp286,68 miliar dan total aset naik 4,37%. Dari sisi permodalan, Perusahaan tumbuh kuat pada posisi Risk Based Capital (RBC) 1.155,55% untuk Konvensional dan 512,60% untuk Syariah, melebihi rasio solvabilitas minimum, yaitu 120% untuk Konvensional dan 100% untuk Syariah.

TENTANG BANK SINARMAS

Berdiri sejak tanggal 18 Agustus 1989, Bank Sinarmas telah 30 tahun melayani Indonesia. Saat ini Bank Sinarmas telah memiliki 436 jaringan kantor yang tersebar di 184 kota di Indonesia. Bank Sinarmas dengan konsisten mengembangkan pangsa pasar di tengah tantangan pasar yang penuh dengan ketidakpastian. Usaha dan inisiatif sangat diperlukan guna memenuhi segala kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia. Bank akan terus meningkatkan pelayanan dan inovasi produk guna memenuhi kebutuhan nasabah. Karena kami adalah Solusi Perbankan Anda.