Bank Bukopin - Sinarmas MSIG Life
Kolaborasi Luncurkan Dua Produk Bancassurance


Jakarta, 25 Januari 2019 - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) dan PT Bank Bukopin Tbk berkolaborasi luncurkan dua produk inovatif yaitu B SMiLe Insurance dan B SMiLe Protection. Seremonial peluncuran kedua produkdilakukan oleh Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life, Hamid Hamzah dan Direktur Utama Bank Bukopin, Eko Rachmansyah Gindo.

Eko Rachmansyah Gindo menjelaskan peluncuran B SMiLe Insurance dan B SMiLe Protection ini guna mendukung salah satu misi Bank Bukopin, yaitu memberikan solusi jasa keuangan yang unggul dan komprehensif yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, baik individu maupun keluarga. .

"Harapan kami kehadiran kedua produk dipercaya akan memberi andil positif atas peningkatan perolehan fee based income Bank Bukopin untuk kerjasama ini yang ditargetkan sebesar Rp10 miliar," tambah Eko Rachmansyah Gindo saat acara berlangsung

Selain memberikan pertanggungan jiwa, B SMiLe Insurance juga secara maksimal membantu merencanakan masa depan melalui fitur investasi yang menguntungkan. Menawarkan beragam manfaat,B SMiLe Insurancememberikanuang pertanggungan 100% dan nilai polis apabila tertanggung meninggal dunia wajar atau 200% dan nilai polis jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.

Manfaat tambahan berupa nilai polis akan diberikan bila pesertamencapai usia 100 tahun.Tidakhanyaitu, B SMiLe Insurance menghadirkan berbagai kemudahan dan keringanan melalui sistem sekali pembayaran, meniadakan biaya akuisisi, serta berbagai fleksibilitas berinvestasi antara lain bebas biaya untuk empat kali pengalihan dana dalam setahun polis.

B SMiLe Protection merupakan produk proteksi jiwa yang membantu perencanaan berinvestasi dengan manfaat tambahan loyalty bonus hingga total 85% dari premi pokok tahunan, memberikan uang pertanggungan sebesar 100% dannilai polis untuk pemegang polis yang meninggal dunia, dengan tambahan nilai polis bila tertanggung hidup di usia 100 tahun. Dengan berbagai proteksi tambahan, B SMiLe Protection memiliki minimum pembayaran premi selama 5 tahun.

"Sinarmas MSIG Life bangga dapat mengawali tahun 2019 ini dengan mempertegas kemitraan bancassurance yang telah terjalin, bersama Bank Bukopin merilis B SMiLe Insurance dan B SMiLe Protection. Kehadiran kedua produk ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan nasabah Bank Bukopin yang tidak saja membutuhkan perlindungan dan pertanggungan jiwa, namun juga fiturinvestasi optimal untuk menyongsong masadepan lebih baik," ujar Hamid Hamzah seusai acara peluncuran produk.


Kerjasama antara Sinarmas MSIG Life dengan Bank Bukopin sudah terjalin sejak Oktober 2017 yang dimulai dengan menjual produk tradisional di seluruh kantor cabang BankBukopin yang tersebar di seluruh Indonesia.Sampai dengan Desember 2018, jumlah premi yang terkumpul telah mencapai Rp8,8 miliar.

Tentang Sinarmas MSIG Life

Mulai berkiprah di industri asuransi jiwa nasional pada tanggal 14 April 1985 sebagai PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional Indonesia (PII). Setelah dua kali berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life pada tahun 1989 dan PT Asuransi Jiwa Sinarmas pada 2007, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (juga dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life - SMiLe) hadir sebagai perusahaan joint ventureyang dimiliki secara seimbang masing-masing 50% oleh PT Sinar Mas Multiartha Tbk dan grup asuransi raksasa Jepang, Mitsui Sumitomo Insurance Co., Ltd. pada tahun 2011. Sinarmas MSIG Life memiliki empat jalur distribusi yang terdiri atas Agency, Bancassurance, Corporate serta Direct Marketing-Telemarketing (DMTM). Sinarmas MSIG Life membukukan nilai pendapatanpremi sebesar Rp5,3 triliun pada tahun 2018. Rasio pencapaian solvabilitas dengan menggunakan metode Risk Based Capital (RBC) adalah 1.110,77% untuk konvensional dan 260,45% untuk syariah, serta melayani lebih dari 1,2 juta nasabah individu dan kelompok.

Tujuh penghargaan yang diterima sepanjang tahun 2018 merupakan bukti pengakuan industri, media juga nasabah atas kemampuan Perusahaan dalam meningkatkan kinerja keuangan, mengelolainvestasi, konsistensi dalam menyelenggarakan praktik bisnis yang baik, serta terus giat mengembangkan produk-produk inovatif dan melakukan optimalisasi layanan kepada nasabah. Penghargaan tersebut antara lain Top 5 Customer Choice Sharia Business Unit in Life Insurance Category 2018, "The High Solvability Ratio in Life Insurance Sector" pada Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018. The Best Life Insurance Company pada Bisnis Indonesia Financial Award 2018 dan dua penghargaan pada The 3rdUnit Link Awards 2018.

Tentang Bank Bukopin

PT Bank Bukopin Tbk ("Bank Bukopin") adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dengan nama Bank Umum Koperasi Indonesia, Bank Bukopin tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2006 dengan kode emiten BBKP.

Bank Bukopin merupakan bank yang fokus pada segmen ritel, yang terdiri dari segmen Mikro, UKM, dan Konsumer serta didukung oleh segmen Komersial. Sesuai dengan moto 'Memahami dan Memberi Solusi', Bank Bukopin senantiasa melakukan inovasi dan peningkatan layanan kepada para nasabahnya dengan melakukan modernisasi infrastruktur TI serta menyiapkan beragam produk dan layanan berbasis perbankan digital seperti aplikasi Bukopin Mobile, B Wallet, dantabungan digital Wokee.

Bank Bukopin beroperasi di 23 Provinsi dengan 43 Kantor Cabang Utama, 175 Kantor Cabang Pembantu, 104 Kantor Kas dan 867 Unit ATM

Per 31 Desember 2018, Saham Bank Bukopin dimiliki oleh Bosowa Corporindo (23,4%), KB Kookmin Bank (22,0%), Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia / KOPELINDO (11,5%), Negara RI (8,9%) dan Publik (34,2%)